10 Kota Paling Berbahaya dan Menakutkan di Dunia

undefined
sebuah sudut Haiti

Membincang kehidupan kota memang selalu menyisakan ragam cerita. Ada bahagia dengan beragam kemudahan fasilitas, meski tak sedikit cerita duka. Bahkan sempat muncul istilah 'kejamnya ibu tiri tak sekejam ibukota'.

Cerita kekejaman dan keseraman ibu kota memang sering terjadi dengan beragam kisah dan alur masing-masing. Kejahatan yang hadir di kota pun juga beragam dan berbeda bergantung ulah si pendatang yang juga beragam. Dari sinilah muncul kisah kota-kota yang dianggap paling angker, paling menyeramkan dan paling ditakuti untuk dikunjungi.

Tentu ada beragam alasan pula yang muncul, seperti 10 kisah kota yang akan kami hadirkan dan dilansir dari blog urbantitan, Jumat (27/5/2011). Konon kota-kota ini terasuk deretan nama yang membuat bulukuduk calon pendatang berdiri. Anda tertarik untuk menelusuri?

1. Bogota, Kolombia
Bogota, konon menjadi salah satu kota paling berbahaya di dunia. Meski keamanan di Kolombia telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun kekerasan oleh kelompok-kelompok Narco-teroris terus mempengaruhi beberapa daerah pedesaan serta ibukota, Bogota. Pada bulan Agustus 2010, sebuah bom mobil meledak di luar stasiun radio Caracol di Bogota dan pada bulan Oktober, pihak berwenang Kolombia mengklaim bahwa mereka telah menggagalkan serangan bom mobil yang diarahkan pada Pusat Administrasi Nasional di Bogota.

Aksi beberapa organisasi kriminal terus menculik dan menahan warga sipil untuk tebusan atau sebagai chip tawar-menawar politik. Dari sini seolah menjadi kenyataan bahwa Kolombia memiliki kejahatan dan kekerasan tertinggi di dunia dan konon itu sudah cukup memberi sinyal untuk memahami bagaimana prilaku kota yang berbahaya.

2. Ciudad Juárez, Meksiko

Ciudad Juárez, konon menjadi kota tambahan yang berbahaya di dunia.
Ciudad Juárez adalah salah satu kota tercepat dalam perkembangan di pentas dunia. Meskipun kenyataan lain juga menyebut ini menjadi "zona paling kejam di dunia setelah perang diumumkan." Tampaknya kejahatan juga tumbuh pesat bersama dengan kota. Ada sekitar 1.400 pembunuhan di kota itu pada tahun 2008 dan lebih dari 2.500 kematian narkoba selama periode yang sama tahun 2010. Kehidupan masyarakat sempat hampir lumpuh karena takut terkena peluru nyasar atau diculik. Selama 10 tahun terakhir Ciudad Juarez juga telah memperlihatkan lebih dari 400 perempuan yang jatuh menjadi korban pembunuhan seksual.

3. St Louis, Missouri
Sebuah studi terbaru menganalisis kota berdasarkan statistik FBI untuk pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, dan penyerangan, dan kota St Louis menunjukkan kota paling berbahaya di Amerika, mengalahkan Camden, Detroit dan New Orleans, yang sempat menjadi kota paling berbahaya tahun sebelumnya. di St Louis telah terjadi 2.070,1 kejahatan kekerasan per 100.000 penduduk di sini, dibandingkan dengan rata-rata nasional yang hanya 429,4. Secara keseluruhan, timur kota St Louis merupakan daerah yang memiliki kejatahan yang cukup luas mencapai hampir 65%. Terlebih belum lama ini juga ada tragedi angin Tornado yang juga menimbulkan efek kerusakan yang nyata.

4. Port-au-Prince, Haiti
Meskipun perubahan pemerintah sempat terjadi pada tahun 2004, Port-au-Prince, ibukota dan kota terbesar di Haiti, masih sering memperlihatkan wabah kekerasan dan demonstrasi. Tidak ada kekuatan polisi nyata yang membuat kekerasan terkendali di kota ini. Bahkan seolah seluruh negara dan banyak kota di Haiti secara harfiah dikendalikan oleh penjahat.

Sementara pasukan PBB telah memberikan bantuan kepada polisi di negara itu sejak tahun 2004, kehadiran mereka tidak menjamin keamanan mutlak bagi pengunjung atau penduduk. Haiti berada di antara empat negara yang paling penting untuk transit narkoba ke AS. Penculikan, pembunuhan, ancaman pembunuhan, tembak-menembak narkoba, mobil-pembajakan, perampokan bersenjata dan perusakan rumah umum terjadi di Port-au-Prince.

5. Mogadishu, Somalia

Pada bulan Agustus dan September tahun 2010, teroris telah melancarkan serangan militer terhadap Pemerintah Federal Transisi dan Uni Afrika. Pada bulan Agustus, sebuah bom pinggir jalan meledak dan merusak tiga minibus sipil dan menewaskan sembilan orang dan melukai 25 orang lainnya. Bulan September, dua pembom bunuh diri melakukan aksi dalam serangan terhadap bandara Mogadishu.
Pembunuhan, penculikan, penghadang jalan ilegal, banditisme, dan insiden kekerasan dan ancaman terhadap warga Amerika dan asing lainnya dapat dengan mudah terjadi di Mogadishu, serta setiap wilayah Somalia lain. Konflik bersenjata antara milisi yang susah diprediksi juga lazim terjadi di sekitar kota. Serangan teroris, lintas batas yang berperang brutal, kejahatan jalanan, kekerasan dan kebobrokan seolah mudah terjadi setiap hari.

6. Caracas, Venezuela
Dalam banyak artikel sebelumnya yang diterbitkan telah mendaftarkan Caracas di antara 10 kota paling berbahaya di dunia pada tahun 2010. Nah, ini juga terjadi pada daftar tahun 2011 ini. Tingkat pembunuhan di ibukota Venezuela konon menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Banyak kekerasan yang terjadi terkait dengan perdagangan narkoba dan juga akibat fakta bahwa negara ini terletak di antara AS dan Columbia.

Perampokan bersenjata yang umum di kota, bahkan di daerah dianggap biasa dan tak mempengaruhi kunjungan wisatawan. Penculikan Express, di mana korban ditangkap dalam upaya untuk mendapatkan uang tunai cepat dalam pertukaran untuk pembebasan mereka, adalah masalah yang musti diwaspadai. Lebih buruk lagi, polisi investigasi penculikan telah mengungkapkan bahwa polisi juga sering terlibat. Kejahatan bahkan juga merajalela di bandara, yang konon dikatakan penuh dengan korupsi. Dan tentu saja, pencopet, pencuri hotel, dan penjahat konon berlimpah.

7. Port Moresby, Papua Nugini

Kejahatan merupakan masalah serius di seluruh Port Moresby, ibukota dan kota terbesar di Papua Nugini. Jika Anda memutuskan untuk pergi ke sana, Anda berada pada risiko yang lebih besar terhadap kejahatan, kekerasan seperti juga perkosaan dan perampokan. Pencuri mobil dan penghadang jalanan kendaraan, pencopet, dan perampokan bersenjata juga menjadi masalah di sekitar kota. Berkunjung di tempat publik terjaga seperti lapangan golf, pantai, taman atau kuburan pun bisa berbahaya bagi pengunjung. Bahkan angkutan umum juga berbahaya, membuat mobil sewa menjadi cara paling aman untuk bisa berkeliling ke seluruh negeri. Selain pidana, Papua Nugini juga berada di zona seismik aktif: tsunami, gempa bumi dan tanah longsor yang menjadi sesuatu yang mudah terjadi.

8. Grozny, Chechnya, Rusia
Pada tahun 2003, konon PBB menyebut Grozny adalah kota yang 'paling hancur' di bumi. Kota ini telah mengalami peperangan sangat destruktif sejak tahun 1990, ketika tentara Rusia menghancurkan banyak kota. Gengster, mafia dan korupsi sering menciptakan masalah bagi otoritas yang hanya tersisa sedikit. Organized Crime juga merajalela. Politik dan pembunuhan kriminal, serta tingkat perkosaan, konon sangat tinggi dan penculikan adalah masalah serius di sini. Beberapa bangunan rusak sedang dibangun kembali, tapi banyak yang terus hidup tanpa listrik atau air. Banyak penduduk melarikan diri ke tempat-tempat seperti Dagestan atau Azerbaijan, ketimbang berada di negara asal mereka yang tidak aman.

9. Santo Domingo, Republik Dominika
Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Republik Dominika tahun ini, anda harus mempertimbangkan untuk meninggalkan properti berharga di rumah. Kejahatan terus menjadi masalah besar di Republik Dominika. Sementara penjambretan dan pencopetan merupakan kejahatan yang paling umum terhadap wisatawan. Laporan kekerasan terhadap kedua penduduk lokal dan asing terus tumbuh dan laporan pencurian mobil meningkat. Juga, demonstrasi, protes dan aksi pemogokan umum terjadi secara berkala. Walaupun demonstrasi politik tidak umum terjadi di daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan memang bukan ditujukan pada orang asing, namun disarankan untuk berhati-hati saat bepergian di seluruh negeri ini.

10. Muzaffarabad, Kashmir, Pakistan
Walaupun dianggap sebagai "surga di bumi," terutama dikenal karena keindahan danau-danau yang menawan dan tenang, sungai yang mempesona dan taman nan indah, Kashmir tetap dianggap oleh banyak akademisi menjadi tempat di mana bencana nuklir berikutnya konon akan terjadi. Daerah ini dibagi dalam 3 negara (India, Pakistan dan Cina) dalam sengketa teritorial. Tiga negara ini adalah negara yang juga memiliki senjata nuklir, dan ketegangan di Kashmir ini telah menyerempet pada kemungkinan munculnya bahaya nuklir antara Pakistan dan India pada beberapa kesempatan. Aksi unjuk rasa, demonstrasi, dan prosesi sering terjadi secara teratur di seluruh Pakistan dalam waktu sangat singkat. Kejahatan terorganisir di Pakistan termasuk perdagangan narkoba, juga di tempat pencetakan mata uang India, pemerasan, pembunuhan bayaran dan penipuan masih sering terjadi. Selanjutnya, operasi kriminal lain juga sering ada, termasuk urusan perdagangan manusia, pasar gelap atau black market, korupsi, kekerasan politik, penculikan, terorisme seolah masih enggan menjauh dari kota ini. Tentu ini menjadi cukup menakutkan bagi wisatawan.

Bagi para petualang, mungkin menarik mengunjungi kota seram ini, namun tidak bagi wisatawan yang hendak menikmati perjalanan dengan senang-senang. Meskipun, soal takut juga relatif dan bisa terjadi di kota manapun. Bagaimana menurut Anda?

0 komentar:

Posting Komentar

Kotak Komentar untuk teman2 yang lagi gk login facebook

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BEST BUY

 
DbClix