Pasien dalam Kondisi Sadar Saat Jantungnya Dibedah

img
Bolmax Periera (dok:Skynews)

Bangalore, Operasi jantung tanpa pembiusan total kembali dilakukan, kali ini di Bangalore India. Pasien dalam keadaan sadar sepenuhnya dan masih bisa diajak bercakap-cakap sembari para dokter sibuk mengutak-atik isi rongga dadanya.

Pasien yang menjalani operasi tersebut, Bolmax Periera yang merupakan seorang pastor hanya mendapatkan bius lokal agar bagian leher ke bawah mati rasa. Teknik ini disebut injeksi epidural, yakni penyuntikan bius melalui tulang punggung.

Namun Bolmaz tidak pingsan atau hilang kesadaran, bahkan terus diajak bercakap-cakap oleh para dokter selama operasi yang berlangsung di Fortis Hospital, Bangalore tersebut. Selama operasi berlangsung, Bolmax bahkan sempat meminta bantal tambahan untuk mengganjal kepalanya agar lebih nyaman.

Dokter sengaja mengajak Bolmax untuk terus bercakap-cakap bukan tanpa alasan apalagi sekedar membunuh rasa bosan. Dokter melakukannya untuk melihat respons otak melalui perangkat canggih yang terhubung dengan beberapa titik pembuluh darah di tubuh Bolmax.

Ini adalah salah satu kelebihan operasi jantung yang dilakukan dalam kondisi pasien sadar, yakni dokter bisa memonitor aktivitas otaknya. Dari situ bisa diketahui jika ada risiko penggumpalan darah di arteri yang terbawa ke otak dan bisa menyebabkan stroke.

Jika selama operasi pasien masih lancar berkomunikasi, dokter akan menilai kondisi otaknya tidak ada masalah. Sebaliknya jika ada masalah, maka dokter bisa memanfaatkan gejala itu sebagai peringatan dini untuk segera melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi stroke.

Bagi pasien sendiri, khususnya Bolmax, teknik operasi yang unik ini justru membuatnya lebih rileks karena bisa mencengarkan apa yang sedang dilakukan para dokter terhadap jantungnya. Ia juga tidak merasa butuh menggunakan earphone seperti saran dokter untuk mengurangi ketegangan.

"Rasanya menyenangkan sekali ketika mendengar para dokter mengatakan pada saya 'ini dia jantungmu'. Ketika itu saya menyadari betul dada saya sudah terbelah," ungkap Bolmax seperti dikutip dari Sky.com, Selasa (14/12/2010 (up/ir)



http://www.detikhealth.com/read/2010/12/14/113159/1524172/763/pasien-dalam-kondisi-sadar-saat-jantungnya-dibedah?l991101755

0 komentar:

Posting Komentar

Kotak Komentar untuk teman2 yang lagi gk login facebook

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BEST BUY

 
DbClix